Marketing Class of R50 2013
Graduate Student of Master Program in Management
Graduate Program of Management and Business
Bogor Agricultural University
Marketing Management Class R50
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc
Dr. Ir. Kirbrandoko, MSM
sumarwan@mb.ipb.ac.id
1.
BAB
1 – BAB 6
Based on Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 2010. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja.(Strategic Marketing: Value Based and Performance Measurement Perspectives). Bogor, IPB Press.
1. Apakah
pihak-pihak yang wajib memahami perilaku konsumen saat ini benar-benarsudah di
pahami oleh pihak-pihak tersebut ?
2. Strategi
Penawaran apa yang tepat dalam produk atau jasa yang memiliki segmen pasar
menengah ke atas ?
a. Service
leadership
b. Customer
Intimacy
c. Brand
Leadership
d. A,b
dan c dapat diterapkan. Alasannya ……….
3. Nilai
pelanggan merupakan kombinasi antara faktor kualitas, layanan dan harga. Bila suatu
perusahaan hanya memiliki salah satu faktor keunggulan diantara tiga faktor
tersebut apakah perusahaan akan tetap mendapatkan nilai pelanggan, bagaimana
saran anda untuk perusahaan yang memiliki strategi seperti ini ?
4. Apakah
nilai yang dihasilkan saluran distribusi bagikonsumen ?
a. Membuat
harga produk lebih murah
b. Membuat
diskon produk
c. Memberikan
pengetahuan dalam promosi
d. Membuat
konsumen tidak mendapatkan nilai pelanggan yang optimal
2.
Based on Book written by Ujang Sumarwan, Agus Djunaidi, Aviliani, H.C.Royke Singgih, Jusup Agus Sayono, Rico R Budidarmo, Sofyan Rambe. 2009. Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth in Creating Share Holder Value). Jakarta. Inti Prima.
1. Apakah
memang lebih menguntungkan penggunaan teknologi dalam pemasaran dibanding
dengan saluran distribusi konvensional bila dihubungkan dengan hubungan jangka
panjang kepada saluran distribusi?
2. Apa
pengukuran bagi shareholder value
a. Earning
Per Share
b. Harga
yang tinggi
c. Biaya
yang rendah
d. Produksi
yang berlimpah
3. Pada
tahap siklus hidup produk dalam tahap intro, apakah memang benar-benar biaya
pemasaran selalu tinggi, padahal saat ini banyak alat pemasaran yang murah,
bagaimana pendapat anda? Pada saat tahap growth mengapa merupakan tahap yang
paling optimal? Pada saat mature kenapa semua alat pemasaran harus digunakan. Lebih
penting mana biaya untuk promosi pada saat mature atau biaya untuk inovasi
produk ?
4. Bagaimana
cara untuk membuat agar pelanggan loyal dan cara mempertahankannya bila
perusahaan hanya menerapkan strategi leadership cost bukan kualitas produk
ataupun kualitas layanan ?
5. Ketergantungan
konsumen terhadap suatu merk yang di konsumsinya atau dibelinya adalah
a. Brand
awareness
b. Brand
association
c. Perceived
Qualitu
d. Brand
Loyalty
3.
MATERI
DALAM MANAJEMEN PEMASARAN
1. Bagaimanakah
Strategi pemasaran bagi perushaan yang
sudah memiliki permintaan yang tetap, dan permintaan yang tidak dapat dipenuhi
oleh perusahaan, apakah perlu melakukan promosi ? sedangkan promosi membutuhkan
biaya tambahan.
2. Media
merupakan sarana pemasaran yang efektif, namun banyak fasilitas media yang
membutuhkan biaya yang tinggi, bagaimanakah strategi pemasaran lewat media yang
tidak harus mengeluarkan biaya tinggi dan startegi mempertahankan bisnis yang
telah berhasil dalam promosi melalui media.
4.
PERANG
PABRIK COKLAT DI DUNIA
Dalam persaingan industri besar seperti industri cokelat, membuat para
pelaku bisnis merencanakan strategi untuk memenangkan persaingan. industri cokleat
tumbuh karena adanya permintaan dari masyarakat, namun dalam industri cokelat
membutuhkan modal yang besar dan kuat dalam menjalankan bisnisnya, sehingga hanya
beberapa pihak yang dapat masuk ke dalam industri ini. Modal yang besar
digunakan dalam pelaksanaan riset dan development , investasi, produksi dan
lainnya , penggunaaan modal yang besar ini dengan seoptimal mungkin untuk
menghasilkan produk sesuai dengan keinginan dan selera konsumen.
Strategi yang djalankan adalah dalam
bentuk inobasi, promosi , hubungan dengan mitrabbisnis ,perluasan pasar ,
mempertahankan kualitas produk dan pelayanan, menciptakan dan mempertahankan brand loyality. Inovasi yang dilakukan
seperti memperbanyak variance rasa , menciptakan variance merk dan bentuk . Bentuk
promosi yang dilakukan seperti dengan iklan yang berkualitas pada tv dan film .
iklan yang berkualitas dan tepat akan meningkatkan penjualan perusahaan.
Pesaing terdekat adalah industri
sejenis yang memiliki pasar tujuan yang sama, namun selain pesaing yang telah
ada perusahaan harus mengantisipasi adanya ancaman pendatang baru yang dapat
muncul dari orang luar maupun orang di dalam perusahaan yang lebih mengetahui
kekuatan dan kelemahan perusahaan, ancaman ini yang harus di antisipasi oleh
perusahaan.
Selain faktor internal yang harus di
optimalkan , perusahaan juga harus mampu menghadapi ancaman dari lingkungan
eksternal yang tidak dapat dihindari seperti terjadinya inflasi yang akan
meningkatkan harga bahan baku dan menurunkan daya beli konsumen karena harga yg
tinggi. Faktor eksternal lain seperti isu kesehatan akan suatu produk yang akan
mempengaruhi permintaan konsumen. perusahaan harus memiliki strategi yang tepat
agar mampu bertahan dalam suatu industry. Setelah perusahaan berusaha menjalankan
tujuan perusahaan dengan pencapaian keuntungan perusahaan , perusahaan juga harus
mementingkan kontribusinya kepada lingkungan dengan adanya CSR , CSR sangat
penting dan pada akhirnya memberikan kontribusi yang positif kepada perusahaan
Saat ini , perkembangan bisnis cokelat di dunia sudah meluas diantaranya
dengan banyaknya inovasi , mengutamakan pelayanan dan memberikan harga yang
tinggi untuk menanamkan image bahwa coklat adalah produk mewah. hal ini akan
menguntungkan industri coklat yang berperan sebagai pemasok bagi retailer
pengolah coklat.
kerens bgt blog nya... oya.. mau dapat duit dari Youtube cek ini ya.. http://bit.ly/tukangTidurmaenyutube
BalasHapusDo this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours
BalasHapusAt least 160 000 men and women are using a easy and secret "liquid hack" to drop 2 lbs each and every night as they sleep.
It is very easy and works on everybody.
You can do it yourself by following these easy steps:
1) Take a drinking glass and fill it half glass
2) Then learn this strange hack
you'll become 2 lbs thinner when you wake up!